Surah al-Zalzalah (1)

Surah al-Zalzalah terdiri dari 8 ayat. Kata al-Zalzalah, yang berarti ‘Keguncangan’, diambil dari ayat pertama.

Mayoritas ulama berpendapat bahwa surah ini turun sebelum Nabi saw. berhijrah ke Madinah. Kandungannya yang berbicara tentang salah satu prinsip pokok akidah mendukung pendapat ini. Ada yang berpendapat bahwa ayat 7 dan 8 adalah Madaniyyah, tetapi pendapat ini tidak didukung oleh banyak ulama.

Namanya yang dikenal pada masa sahabat Nabi Saw adalah surah Idza Zulzilat. Ibn ‘Umar berkata bahwa: “Idza Zulzilat turun sementara saat itu Abu Bakar ra sedang duduk menangis.” Dalam beberapa Mushhaf, namanya yang tercantum adalah surah az-Zilzâl atau Zulzilat. Ada juga yang menamainya surah az-Zalzalah. Semua nama tersebut terambil dari ayatnya yang pertama.

Tema utama surah ini adalah uraian tentang Hari Kiamat dan apa yang akan dialami manusia ketika itu, di mana akan terbuka segala persoalan dan menjadi nyata apa yang tersembunyi. Demikian kesimpulan banyak ulama termasuk al-Biqa’i. Surah ini merupakan surah yang ke-94 dari segi masa turunnya. Ini bagi mereka yang menilainya Madaniyyah. Jumlah ayat-ayatnya ada 8 ayat. Para pakar bacaan Kufah beranggapan bahwa jumlah ayatnya 9 karena mereka menjadikan ayat ke-6 sebagai dua ayat.

Intisari Kandungan Ayat (Ayat 1-5)

Akhir surah yang lalu menjelaskan balasan dan ganjaran bagi yang durhaka dan yang taat. Ganjaran dan balasan itu akan mereka terima di Hari Kemudian. Surah ini berbicara tentang awal terjadinya Hari Kemudian itu.

Ayat pertama bagaikan menyatakan: Apabila —dan itu pasti terjadi— bumi diguncangkan dengan guncangannya yang dahsyat yang hanya terjadi sekali dalam kedahsyatan seperti itu. Selanjutnya, ayat kedua menggambarkan apa yang terjadi akibat guncangan tersebut, yakni persada bumi di seluruh penjurunya —tanpa kecuali— mengeluarkan beban-beban berat yang dikandungnya, baik manusia yang telah mati terkubur, maupun barang tambang yang selama ini terpendam bahkan apa pun yang berada dalam perut bumi.

Lalu ayat ketiga menggambarkan keadaan manusia yang ketika itu mengalaminya. Mereka bertanya (dalam hati masing-masing) karena keheranan dan diliputi ketakutan: Apa (yang terjadi) bagi bumi ini sehingga ia bergoncang demikian dahsyat dan mengeluarkan isi perutnya?

Keheranan manusia tidak berlanjut lama, pertanyaannya segera terjawab melalui ayat 4 bahwa pada hari terjadinya goncangan itu bumi menyampaikan berita beritanya, yakni menyangkut sebab goncangan itu. Itu semua, lanjut ayat 5, karena sesungguhnya Tuhan —Pemelihara dan pembimbingmu wahai Nabi Muhammad atau wahai setiap orang— telah mewahyukan, yakni memerintahkan kepadanya melalui isyarat yang cepat untuk melakukan hal-hal tersebut.

Pelajaran yang Dapat Dipetik Dari Ayat 1-5

1. Pengulangan kata al-Ardh/ bumi pada ayat kedua mengisyaratkan bahwa goncangan dan pengeluaran isi perut bumi itu terjadi di seluruh wilayah bumi tanpa kecuali, dan ini adalah salah satu yang membedakan antara goncangan atau gempa yang terjadi selama ini, karena gempa tersebut hanya terjadi pada wilayah terbatas dari bumi ini.

2. Bumi bahkan alam raya tunduk patuh kepada Allah sejak tercipta hingga kehancurannya, tanpa dapat mengelak. Itulah yang dilukiskan dengan ‘hukum-hukum alam’ yang diciptakan Allah. Dengan wahyu yakni hanya dengan isyarat yang cepat alam raya patuh, kendati kepatuhan tersebut mengakibatkan kehancurannya.

3. Anda tidak harus memahami penyampaian bumi dalam arti dia berucap dengan bahasa lisan. Simbol-simbol sesuatu adalah bahasa yang lebih jelas daripada bahasa lisan. Ketika lampu lalu lintas berwarna merah, maka itu berarti dia memerintahkan Anda untuk berhenti, sebagaimana lampu kuning mengundang Anda berhati-hati dan hijau mempersilakan Anda jalan. Nah, pahamilah penyampaian bumi lebih kurang seperti itu.

(Bersambung)

About these ads
This entry was posted in Juz 30 Teks and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Surah al-Zalzalah (1)

  1. AcerNoval says:

    nah., sangat bermanfaat ! makasih ya sob !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s